Advertisement

Alun-alun Sarana Hiburan yang Murah Meriah

Alun-alun Sasono Langen Budoyo nampaknya menjadi sarana hiburan yang murah dan meriah bagi masyarakat di kota Sragen dan sekitarnya. Hampir setiap malam, banyak warga yang mendatangi alaun-alun untuk berbelanja, mencari liburan atau sekedar jalan-jalan. Terlebih bila malam minggu atau malam hari libur, bisa dipastikan selepas Maghrib, ribuan masyarakat baik laki-laki perempuan, tua muda, dewasa anak-anak dari berbagai strata masyarakat berduyun-duyun memadati alun-alun yang terletak didepan komplek Pemda Sragen tersebut.


Apa yang menjadi daya tarik Alun-alun Sasono Langen Putro sehingga mampu menarik masyarakat untuk mendatanginya. Tentunya karena berbagai fasilitas dapat ditemukan ditempat tersebut, selain letaknya yang sangat strategis dijantung kota Sragen. Bagi warga yang hendak berbelanja, di seputar alun-alun banyak terdapat pedagang aneka kebutuhan sehari-hari seperti baju, kaos, jaket, sepatu-sandal, topi, aneka acecoris dsb.

Para pedagang kaki lima tersebut menjajakan dagangannya disepanjang trotoar yang mengelilingi alun-aluan Sasono Langen Putro. Sementara bagi masyarakat yang hendak berekreasi, terutama warga yang memiliki putra-putri kecil, di komplek alun-alun tersedia berbagai sarana hiburan yang murah. Seperti mobil-mobilan, komidi putar mini ( odongodong), mandi bola, permainan ketangkasan, kereta kuda / bendi dsb.

Selesai belanja dan rekreasi, bagi pengunjung yang lapar dan haus dapat berwisata kuliner disekitar alun-alun. Aneka jajanan dapat ditemukan dengan mudah di sekitar alun-alun, seperti bakso, soto, mie ayam, sate ayam, sate kambing, sea food, pecel, nasi goring dsb. Para pedagang makanan dan minuman tersebut berjejer disepanjang kios renteng disebelah selatan alun-alun, yang memang telah disediakan untuk pedagang makanan dan minuman.

Pada malam-malam tertentu di Alun-alun Sasono Langen Putro juga sering digelar panggung hiburan terbuka yang dapat disaksikan secara gratis. Panggung hiburan yang sering digelar dialun-alun adalah orkes melayu / dangdut yang memang banyak digemari sebagaian besar masyarakat.

Sementara setiap Minggu pagi, alun-alun Sasono Langen Putro menjadi tempat untuk berolah raga bagi masyarakat Sragen. Jenis olah raga yang biasa dilakukan warga adalah joging atau jalan sehat mengelilingi alun-alun, sepeda sehat, sepakbola kecil, senam jantung sehat serta senam aerobic yang telah disediakan instruktur.

Untuk kenyamanan warga yang sedang berolah raga serta mengurangi polusi asap kendaraaan, jalan raya Sukowati yang melintas disebelah utara alun-alun ditutup bagi kendaraan umum mulai jam 6.00 sampai 08.00 WIB. Dengan demikian selain berolah raga masyarakat dapat menghirup udara segar yang bebas darai polusi asap kenadaraan bermotor.

0 komentar:

Leave a Reply

Featured Video

Photos